BATAM  

Bright PLN Batam Siap Lanjut Pembangunan Objek Vital

Bright PLN Batam Siap Lanjut Pembangunan Objek Vital

TRIASMEDIA – Bentuk komitmen bright PLN Batam dalam meningkatkan pasokan listrik dengan menyelesaikan pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT)150 kV di Batu Besar Nongsa Dan tak bisa kita pungkiri dalan era di gital ini,listrik merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat.

Apa lagi di wilayah perekonomian yang sedang berkembang.Pemasukan listrik sangat di harapkan. Oleh sebab itu?infrastruktur kelistrikan adalah objek vital Nasional serta adanya keputusan Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)Nongsa Digital Part(NDP) dan KEK MRO Batam Aero Technic (BAT) pada tahun 2020 lalu.

Excecutive Vice President of PLN Batam yaitu M Nasir Tadjri saat lakukan rapat koordinasi progress pembangunan transmosi SUTT bersama kepolisian Daerah Kepulauam Riau pada hari Selasa 04 Januari 2022.

Selain dukung pembangunan objek vital Nasional, yang tidak kalah penting adalah pasokan listrik yang tersedia dapat di salurkan dengan baik. Harapan agar pembangunan jaringan transmisi SUTT 150 kV yang menghubungkan gardu induk (GI) Batu Besar dengan GI Nongsa segera terealisasi. Agar GI Nongsa siap tampung beban dapat beroperasi ungkap Nasir Minggu 09/01/2022.

Pembanguan SUTT ini juga untuk memperkuat pasokan listrik dengan membantu penyaluran daya dari IG Batu Besar yang saat ini sudah Overload. Dampak nya bright PLN Batam tidak dapat melayani permintaan pelanggan yang ingin naik daya atau pasang baru daerah Batu Besar Nongsa.

Untuk proses pembanguan infrastruktur kelistrikan ini banyak yang di hadapi oleh bright PLN seperti penolakan dari masyarakat sekitar lokasi pembangunan jaringan SUTT 150 kV. Karena menurut mereka akan menimbulkan radiasi ,ketakutan akan sambaran petir dan menurunkan harga properti .

Pembanguan dan konstruksi jaringan SUTT yang di lakukan bright PLN Batam dapat di pastikan mengikuti aturam standar dan kaidah yang di keluarkan SNI dan merujuk pada aturan WHO. Begitu juga dalam rancangan pembangunan SUTT di buat tinggi agar mengurangi medan magnet. Agar masyarakat yang dekat tower akan lebih aman. Sebab SUTT 150 kV juga memiliki grounding yang terletak pada kawat paling atas,yang berfungsi sebagai pelindung sambaran petir.

Polda Kepri dan Kepolisian Resort Barelang siap dukung dan beri pengawalan dan pengamanan.Hal tersebut di sampaikan oleh Kepala Biro Operasi Polda Kepri Kombes Sarif Rahman. Siap dukung kebijaksanaan Pemerintah. Karena bright PLN Batam membutuhkan dukungan seluruh stakeholder termasuk Kepolisian.

Rporter : Katu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *