News  

Panen Kurma di Tanah Karo, Ijeck: Panen Sawit Sudah Bisa, Panen Kurma Luar Bisa

TRIASMEDIA – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah untuk ketiga kalinya mengunjungi kebun kurma milik Bena Ukur Tarigan di Kutambaru, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo, Rabu (22/3).

Meski sudah beberapa kali berkunjung, melihat langsung pohon kurma yang subur di Tanah Karo, Musa Rajekshah masih tetap tampak takjub. Kunjungan kali ini bukan tanpa sebab, ia diundang Bena Tarigan untuk memanen kurma bersama-sama.

“Sumatera Utara, satu-satunya kurma yang ditanam berbuah hanya di sini. Luar biasa, panen sawit sudah biasa, panen kurma luar biasa,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah.

Tak hanya itu, buah yang dihasilkan oleh kebun kurma milik Bena Tarigan ini, diakui Ijeck, memiliki rasa yang sama dengan rasa kurma dari Madina. Hal ini, menurut Ijeck, menjadi satu berkah bagi masyarakat, khususnya pemerintah.

“Rasanya sama seperti kurma ruthob yang dibeli di Madina. Ini luar biasa, bersyukur seluruh masyarakat dan Pemerintah Karo, mudah-mudahan bisa banyak Pak Bena Tarigan yang lain di Karo, supaya semakin banyak lagi orang datang ke Karo. Ekonomi berputar, masyarakatnya lebih makmur sejahtera,” harapnya.

Lanjut Ijeck, banyak wisatawan baik wisatawan lokal, domestik hingga mancanegara datang ke Karo, hanya ingin melihat kebun kurma. “Tanah karo ini beruntung ada Pak Bena Tarigan yang mau tanam kurma, membuat Tanah Karo semakin terkenal dimana-mana, tadi ada pengunjung yang mengaku ke Karo cuma mau lihat pohon kurma dari Simalungun. Kalau pohon salak, pohon naga dimana-mana banyak, di Sumut satu-satunya kurma yang ditanam berbuah di sini,” ujar Ijeck.

Sementara itu, Bena Ukur Tarigan bersyukur, Wagub bisa memenuhi undangannya. “Bapak Wagub ini datang ke kebun kurma sudah tiga kali, banyak bimbingan dan arahan yang diberikan beliau kepada saya sehingga saya dapat berhasil seperti ini. Kami sangat berbangga sekali, Pak Wagub bisa datang,” ujarnya.

Sebelumnya, Bena berharap, Wagub bisa mengembangkan kebun kurma di banyak tempat di Sumut. Ia pun mengaku siap membantu agar kebun kurma bisa tumbuh dan berbuah baik itu di dataran tinggi atau dataran rendah di Sumut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *