News  

Empat Sungai Meluap Akibat Hujan Deras, Tiga Desa di Tegalbuled Sukabumi Banjir

Empat Sungai Meluap Akibat Hujan Deras, Tiga Desa di Tegalbuled Sukabumi Banjir

TRIASMEDIA – Sejumlah desa di Kecamatan Tegalbuled Sukabumi Jawa Barat, terendam banjir musiman, akibatnya ratusan bangunan rumah warga, fasilitas umum, kesehatan, dan sejumlah sekolah serta lahan pertanian, tergenangi air setinggi lutut orang dewasa atau sekitar 1 meter.

Camat Tegalbuled, Antono mengatakan, banjir yang kerap terjadi pada setiap tahun tersebut, diakibatkan karena intensitas hujan yang tinggi pada Senin (25/10/21), serta meluapnya Sungai Cibuni, Cikaso, Cicurug dan Ciparanje, sehingga tiga desa yakni Desa Tegalbuleud, Buniasih dan Sumberjaya, dilanda banjir.

“Selain ratusan bangunan, banjir tersebut juga menggenangi area lahan pertanian seluas 100 hektar, akibat peristiwa tersebut, berbagai aktivitas menjadi lumpuh total,” katanya.

Antono menjelaskan, kawasan yang terendam banjir tersebut berada didaratan rendah, dan terdapat anak sungai yang bermuara ke empat sungai besar tersebut, dan jika hujan, anak – anak sungai yang membentang di tiga desa itu meluap hingga terjadinya banjir.

“Tidak ada korban dalam peristiwa banjir tahunan ini, namun masyarakat membutuhkan bantuan diantaranya nutrisi, sembako, dan pakaian,” jelasnya.

Sementara itu, Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Tegalbuleud, Dedi Rukmana mengungkapkan, ada delapan perkampungan di tiga desa yang tergenangi air yang bersumber dari empat sungai. Namun, Selasa (26/10/21) diketahui banjir mulai menyusut.

Selanjutnya…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.